About Me

RSS

Maaf Saja Tidak Cukup



Kalau kata maaf saja bisa menyelesaikan masalah, buat apa ada polisi, pengadilan dan aparat hukum lainnya?

Setelah saya pikir-pikir, mengapa manusia seringkali melakukan kesalahan yang sama? Alasannya karena mereka menyalahgunakan artinya kata maaf dan pengampunan. Bisa jadi, karena kita bisa dengan mudah meminta maaf dan saling memaafkan, maka sesuatu masalah kerap terulang terjadi. Di samping itu, kembali kepada budaya manusia itu sendiri. Di mana kata ‘memaklumi’ juga terkandung dalam kata maaf.

Tidak jarang kesalahan-kesalahan tidak kita perhitungkan dengan alasan pemakluman. Pernah dengar kalimat seperti ini, “Namanya juga manusia, tidak ada yang sempurna.” Bandingkan juga dengan kalimat, “Semua manusia pasti punya salah, wajarlah itu.”

Di satu sisi kalimat tersebut memang baik untuk mempertimbangkan layakkah seseorang itu dimaafkan atau tidak. Namun yang sering terjadi di sekitar saya, orang banyak tidak saling mengungkit kesalahan orang lain karena dia takut untuk dibuka kesalahannya. Sama saja dengan istilah ‘cari aman.’ Inilah polemik yang cukup membingungkan. Tapi kalau setiap orang saling bertahan menutup mulutnya, maka kebenaran tidak akan pernah terungkap.

It’s Different
Tidak semua masalah atau kesalahan dapat diselesaikan dengan kata maaf. Mulai dari masalah yang tampak terjadi, masalah yang sengaja tidak keluar dipermukaaan sampai masalah di dalam hati. Tidak semudah itu. Walaupun saya juga beranggapan untuk mengecilkan suatu masalah besar agar menjadi sederhana, tapi tetap saja ada kesalahan yang tidak cukup berakhir dengan permohonan maaf.

Tanpa sadar, kata maaf menjadi obat yang paling mujarab bagi orang yang kecanduan. Contoh sederhana, kita tahu kalau dosa itu salah. Namun mengapa kita masih melakukannya? Because doing bad things it feels good. Furthermore, we have an emergency key. We called it ‘sorry’
Ketika hati nurani kita menegur saat ingin berbuat dosa, tapi di sisi lain ada suara hati yang berkata tidak apa-apa, karena kita mempunyai kata maaf.

Tapi tidak semudah itu! Maaf memang perlu. Tapi maaf bukanlah solusi jika tidak ada perubahan. Maaf tidak berlaku jika kita masih terus melakukan hal yang salah. Jangan sampai akhirnya manusia mati rasa, sehingga membuat yang salah dan baik menjadi sama. Karena kata maaf sudah tidak berarti lagi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar