About Me

RSS

TUTORIAL CARA BUAT DAFTAR ISI OTOMATIS DI MS WORD 2007

Assalamu Alaikum Wr.Wb.

Tulisan ini dibuat berawal dari kebingungan seseorang bagaimana cara buat daftar isi secara otomatis, karena seseorang itu merasa tidak mungkin membuat daftar isi secara manual jika halaman atau pekerjaan kita tidak sedikit. Maka dari itu seseorang searcing di  paci' google  dan ternyata banyak sekali artikel-artikel yang membahas cara membuat daftar isi secara otomatis.
Ilmu ini sangat membantu jika kita mengerjakan tugas apapun yang harus memberikan daftar isi seperti laporan, pengalaman seseorang sangat sulit sekali membuat daftar isi secara manual karena biasanya laporan seseorang sampai 500 halaman bahkan 700 halaman sehingga kalau dikerjakan secara manual sangat memungkinkan akan terjadi kesalahan. Bahkan banyak sekali dari teman-teman seperjuangan seseorang ketika menyusun laporan mereka muak dengan namanya daftar isi sehingga apa yang mereka lakukan. Mereka print daftar isi laporan teman yang lain padahal tiap laporan akan berbeda-beda isi halamannya. Jadi buat mereka daftar isi hanyalah buat formalitas pada asisten. Syukur-syukur kalau asisten tidak mengecek kebenaran daftar isi, kalau di cek apa yang terjadi….
Maka dari itu seseorang ingin berbagi ilmu kepada teman-teman sekalian, semoga bermanfaat.
Langsung sajalah.
  1. Blok pada bagian judul atau bab dan klik heading
  2. Untuk pengaturan pada heading 1 klik kanan pada heading 1 kemudian pilih modify
  3. maka akan muncul modify style ini untuk pengaturan heading. Misalnya kita akan mengatur heading 1 dengan format times new roman dan ukuran 12 dan jarak terserah kita. Jadi bisa dicoba sendirilah….  Kemudian klik ok
  4. Blok pada latar belakan atau sub bab. Dan klik heading 2.
  5. Untuk pengaturannya sama halnya dengan heading satu seperti diatas maka klik kanan pada heading 2 dan pilih modify.Jika ada sub bab lagi maka blok sub bab tersebut dan klik heading 3. Untuk pengaturannya sama klik kanan pada heading 3 dan pilih modify. Lalu atur sesuai yang kita inginkan. Kemudian ok. Dan begitu juga seterusnya jika ada sub bab lagi.
  6. Setelah selesai semuanya letakkan kursor pada halaman yang akan diberi daftar isi lalu klik References kemudian klik pada table of contents dan pilih automatic table 1.
  7. Dan pilih insert table of contents jika kita ingin mengaturnya tapi sebelum kita klik automatic table 1.
  • Show page number jika kita akan memunculkan number halaman
  • Right align page number jika akan memberikan titik-titik
  • Tab leader jika kita akan memilih jenis titik-titik.
  • General format bisa atur sendiri
  • Use hyperlinks instead of page number. Jika kita menghendak daftar isi nantinya akan ter link ke halama yang dimaksud. Contohnya kita ingin pergi kehalaman penutup. Jadi kita tinggal cari di daftar isi kemudian pada daftar isi penutup kita klik lalu enter. Maka halaman akan sampai pada tujuan. Dan lebih enaknya lagi jika sudah dalam bentuk .pdf kita tinggal ngeklik pada daftar isi maka akan sampai tujuan dijamin tidak akan nyasar….
     8.  Lalu klik References kemudian klik pada table of contents dan pilih automatic table 1. Maka daftar isi
          akan tampil
DONLOAD TUTORIAL LEBIH LENGKAPNYA KLIK DISINI
DONLOAD CONTOH LAPORAN YANG DISERTAI DAFTAR ISI OTOMATIS KLIK DISINI
Selamat mencoba semoga memodahkan pekerjaan anda.

By: Senjoh Karaeng Bontoa

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar