About Me

RSS

DROPBOX. Media Penyimpanan Paling Nyaman dan Aman.

http://www.blogger.com/blogger.g?blogID=5036618476796256234#editor/target=post;postID=3057472094200862386

Sebagian besar dari kita mungkin mempunyai file/data yang ada di komputer atau bahkan di HP Smartphone. Ketika kita mengubah file/data yang ada di HP Smartphone, otomatis kita harus memperbarui file/data yang ada di komputer juga. Bagaimana caranya?? palingan sobat memakai kabel data dan menstransfer data dari HP ke komputer. Atau mungkin sobat mempunyai 2 komputer dan ingin data/file di komputer 1 sama dengan di komputer 2, sobat pasti menggunakan Flashdisk untuk menyamakan file/data yang ada. Bukankah itu membosankan?? Terkesan Jadul Banget kan… :D

Tapi sekarang ada DROPBOX. Apa sih Dropbox itu? Dropbox adalah layanan gratis berbasis awan (cloud) yang menyimpan data sobat dalam awan (cloud) dan selalu disinkronkan antara berbagai perangkat yang tersambung. Misalnya sobat mempunyai file mp3 dan data kuliah pada komputer, kemudian sobat memakai laptop sobat dan ingin melihat data kuliah sobat dan mendengarkan musik dari komputer sobat. Nah, disinilah fungsinya Dropbox. Dropbox akan menyamakan data yang ada pada komputer ke laptop sobat. Jadi sobat tidak perlu flashdisk lagi.

File/Data sobat itu sebenarnya di upload (di unggah) ke web Dropbox. kemudian dropbox akan memeriksa setiap file/data yang ada pada perangkat sobat. Kemudian disamakan dengan perangkat yang lain. File/data sobat juga bisa dibagikan ke teman-teman yang lain. Jadi lebih mudah kan…  :-)

Untuk Sobat yang mau mencobanya, sobat akan diberikan Space (ruang) sebesar 2 GB. Lumyan buat isi data kuliah dan data-data penting yang lainnya :-) . Tapi Space (ruang) tersebut dapat bertambah loh.. Sobat akan mendapatkan hadiah sebesar 250 MB jika mempromosikannya ke teman sobat. Batas maksimal untuk yang gratisan adalah 16 GB. Tapi klo sobat merasa kurang, sobat dapat meng-upgrade paketnya. Paketnya bisa dilihat gambar dibawah.



Fitur

  1. Aplikasi tersedia untuk OS Windows, Linux dan Mac.
  2. Aplikasi tersedia untuk Smartphone Android, Blackberry, dan IOS
  3. Otomatis menyinkronkan file ketika sobat sudah terhubung ke Internet.
  4. Dapat mengakses file di mana saja melalui Dropbox.
  5. Instan Backup dan Sinkronisasi.
  6. 2GB + penyimpanan gratis.
  7. Teman-teman Sobat dapat melihat revisi file terbaru pada URL yang konsisten.

Ok, sekarang pulung mau menjelaskan cara pemakaian Dropbox:

  1. Sobat buat akun dulu di Dropbox. KLIK DISINI untuk Mendaftar. Atau Klik Logo dropbox dibawah ini.
  2. Download Program Dropbox. KLIK DISINI untuk mendownload
  3. Instal Program Dropbox. Selanjutnya, program akan membuat folder baru yang disebut “Dropbox” di perangkat sobat.
  4. Sebuah ikon shortcut juga muncul (menu bar bagian atas di Mac dan Linux, sistem tray di Windows) yang memungkinkan sobat membuka folder Dropbox hanya dengan klik ganda.
  5. Isi Folder “Dropbox” dengan file/data yang sobat inginkan.
  6. Program akan meng-upload Folder “Dropbox” secara otomatis ke server.
  7. Dropbox akan menyamakan semua file/data pada perangkat yang tersambung.

File/data yang sudah ter-sync (sinkronisasi) bisa di edit secara offline. dan ketika sobat online maka data/file akan diperbarui. Dropbox ini sangat aman, malah dalam beberapa kasus file-file kita itu sebenarnya lebih aman ketika disimpan di Dropbox dibanding ditaruh di komputer kita. Dropbox menggunakan metode yang sama amannya dengan bank-bank. Dan pengguna Dropbox lain, tidak bisa melihat file-file private kita, kecuali kita sendiri yang menginvite mereka untuk sharing. Dan karyawan-karyawan yang bekerja di Dropbox juga tidak diperbolehkan melihat isi file-file yang kita simpan di akun Dropbox kita.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar